Polri Siapkan Pengamanan dan Pengawalan Pilkada Serentak 2024



Jalarta - Polri memastikan telah menyiapkan segala bentuk pengamanan dan pengawalan jalannya Pilkada Serentak 2024. Keseluruhannya disesuaikan dengan tingkat kerawanan dan karakteristik wilayah masing-masing.

"Pengamanan pilkada ini semuanya dilaksanakan oleh daerah, oleh Polda setempat, tentunya sudah ada SOP dalam proses-proses pengamanan," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Erdi Chaniago kepada wartawan, Sabtu (14/9/2024).

Menurut Erdi, pihaknya berupaya menyempurnakan kesiapan, terlebih tahapan Pilkada 2024 hanya tinggal beberapa langkah lagi. Mulai dari penetapan paslon, pelaksanaan kampanyenya, hingga pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil suara.

"Nah ini semua sudah dilaksanakan berdasarkan pengamanan terkait karakteristik daerah masing-masing, dari istilahnya perkiraan intelijen kita bisa melihat bagaimana kebutuhan pengamanannya itu sudah ada di Polda masing-masing," tuturnya.

Erdi berharap semua pihak dapat membantu kelancaran penyelenggaraan Pilkada 2024. Terlebih, ini menjadi momen pemilihan kepala daerah secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Kegiatan Pilkada ini aman, damai, tertib sesuai dengan tugas-tugas Polri, harkamtibmas, melindungi, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, dan juga melindungi, mengayomi, dan melayani," tukasnya.