Pelantikan Panwaslu Kedungwaringin Start Awal Pemilu Serentak di Kabupaten Bekasi

 



Bekasi – Pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kedungwaringin di RM. Lembur Mang Dihan, Minggu (02/06/2024), merupakan start awal untuk memberi hasil positif bagi keberlangsungan demokrasi di tanah air, khususnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 di Kabupaten Bekasi.

Pesan ini disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Kedungwaringin, Saepudin Juhri, S.pd saat memberi sambutan pada proses pelantikan tersebut. Dijelaskan Ketua Panwaslu, Pemilu yang bebas, jujur dan adil, jelas sangat ditentukan peran panitia pengawas pemilihan.

Sebab, Pemilu merupakan sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan bertanggungjawab sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.



"Kehadiran Pengawas Pemilu mempunyai peranan yang penting dalam mengawal keberlangsungan Pemilu dengan lancar dan aman. Beratnya persaingan menjadi panwaslu membuat banyak kriteria yang harus dipenuhi agar bisa lulus, baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Ini menunjukkan yang lulus menjadi Panwaslu mempunyai kemampuan dan kinerja yang baik. Tugas sebagai Panwaslu sesungguhnya adalah tugas mulia sekaligus memikul tanggungjawab yang berat, bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, serta menegakkan demokrasi," ujar Saepudin.

Oleh karena itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kedungwaringin berpesan, dalam melaksanakan tugas Panwaslu sangat diharapkan dapat bekerjasama secara profesional, berkompeten serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat maupun temuan dari pengawas pemilu sendiri demi terciptanya pelaksanaan demokrasi Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

"Saya berharap saudara dapat bekerja sesuai dengan koridor hukum secara profesional serta pro aktif, responsif dan memiliki sensitivitas yang tinggi dalam menjalankan berbagai tugas. Junjung tinggi integritas dan kredibilitas serta perlihatkan kinerja sebaik mungkin, karena keberhasilan saudara turut menentukan masa depan bangsa dan negara," pungkasnya.


0 Komentar